Rabu, 18 Juli 2012

Perintah Dasar Pada Debian




  • login
Fungsi : untuk masuk kedalam jaringan.
Keterangan : untuk memakai yang baru didaftar oleh SUPER USER  maka user tidak perlu memasukkan kata sandi.
Untuk menjaga kerahasiaan, pengetikan tombol password tidak ditampilkan dilayar.
ketik #login

  • passwd
Fungsi : untuk membuat atau mengubah kata sandi
Keterangan :Seperti uraian keterangan di password , bila pertama kali login ke system UNIX. Harus dibuat kata sandi untuk diri sendiri . Harus dipikirkan suatu urutan huruf dan angka yang lebih panjang dari 6 karakter untuk kata sandi tersebut, program password meminta pengetikan kata sandi sebanyak 2 kali. Bila ternyata kedua ketikan bukan kata yang sama, akan diberikan kesempatan sekali lagi. Sekali diterapkan sebuah kata sandi, maka tidak dapat login tanpa memberitahukannya kepada UNIX, oleh karena itu password jangan sampai lupa
Contoh di dalam user admin, ketik  $passwd

Keterangan: ketik password lama pada (current) UNIX password, kemudian ketikan password baru pada Enter new UNIX password dan Retype new UNIX password.

  • Who
Fungsi : Untuk mengetahui daftar pemakaian yang sedang aktif (login)
keterangan: perintah who akan memberikan daftar pemakaian yang baru saja login dengan menunjukkan nama pemakai, terminal ID, dan waktu masing-masinglogin.

  • Finger
Fungsi : finger mempunyai kegunaan hampir sama dengan who, hanya saja finger menyediakan informasi identitas user yang lebih lengkap dari pada who

  • Logout
Fungsi untuk keluar dari system
Keterangan : bila pemakaian akan mengakhiri penggunaan terminal sebaiknya menjalankan perintah ini,agar hak akses pada loginya tidak disalah gunakan oleh orang lain yang berhak

  • Exit
Fungsi : untuk keluar dari system , keterangan sama dengan perintah log out

  • Whoami
Fungsi: untuk mengetahui siapa user yang sedang login pada suatu
komputer/terminal
Keterangan: digunakan bila anda menemukan terminal yang belum log out atau exit, Dan ingin mengetahui milik siapa terminal tersebut diaktifkan.


  • Date
Fungsi : menunjukkan atau mengatur taggal
Keterangan  :  melaporkan  atau  mengatur  tanggal  dan waktu system.  Bila tidak ada argumen yang ditentukan akan dilaporkan tanggal dan waktu sekarang.


  • Cal
Fungsi : mencetak kalender mulai tahun 0000 s/d 9999
Keterangan : membuat kalender bulan dan tahun yang ditentukan. Bila bulan tidak disertakan, maka dibuat kalender untuk satu tahun.

0 komentar: