Senin, 26 Maret 2012

KOMPONEN – KOMPONEN NETBOOK

Artkikel kali ini akan membahas dan menyebutkan Komponen - komponen pada Netbook. silahkan dibaca.!!!


Sebelum sedikit saya perlihatkan bagian dalam sebuah Netbook, ada baiknya Anda ketahui apa itu Netbook. Netbook berbeda dengan Notebook dilihat dari sisi ukuran dan fungsinya. Seperti yang sudah umum diketahui, Notebook merupakan versi mobile dari sebuah Desktop PC, jadi fungsi dan kemampuannya masih dapat disejajarkan dengan desktop PC. Sedangkan Netbook merupakan Notebook dengan ukuran lebih kecil, lebih hemat daya, dan memiliki kemampuan dibawah notebook. Umumnya sebuah netbook memiliki ukuran layar dari 10 inchi hingga 5 inchi, dan dengan fungsi utama untuk keperluan internet dan office ringan. Netbook memang didesain untuk menerapkan teknologi Cloud Computing dimasa yang akan datang.
Anda penasaran apa itu Cloud Computing??? Cloud Computing merupakan sebuah era dimana nanti untuk semua aplikasi, baik itu aplikasi office, grafis, maupun multimedia dikerjakan melalui internet, jadi tidak perlu dipusingkan lagi harus membeli dan menginstal software-software tersebut di dalam komputer Anda. Untuk lebih jelasnya, nanti akan saya bahas secara lengkap mengenai Cloud Computing.
Komponen-komponen yang ada di dalam sebuah netbook/notebook sama dengan komponen-komponen yang ada di dalam sebuah desktop PC. Komponen itu terdiri dari, Mainboard/Motherboard, Processor, Internal Graphic, Memory Module, Harddisk, LAN Card, Wifi, dan aksesoris tambahan lain seperti Bluetooth, Infrared, MMC adaptor dan lain sebagainya. Kali ini akan saya ajak Anda untuk melihat bagian dalam sebuah netbook. Netbook merek Axioo Pico milik saya sendiri, karena memang dasarnya saya serba ingin tahu, jadi tuh netbook saya bongkar saja sekalian dibersihkan. Sebelumnya saya juga pernah membongkar sebuah Laptop/Notebook milik saya juga (sekitar 3 tahun yang lalu deh). Ya, namanya penasaran dan ingin belajar, jika rusak ya resiko sendiri..he…, hal ini tidak saya sarankan bagi Anda yang belum paham betul tentang hardware.



Berikut adalah gambar secara utuh bagian dalam sebuah Netbook, akan saya jelaskan berdasarkan urutan nomornya. Silahkan klik gambar untuk memperbesar!
1. Networking Device
Pada bagian ini terdapat 3 komponen utama, yaitu LAN Card, Wireless Card, Chipset VGA. Nampak pada bagian luar adalah Wireless Card (wifi 802.11b/g), dan LAN Card serta VGA berada dibagian dalamnya (posisinya tertutup oleh Wireless Card). Lihat Gambar!



2. MMC Adaptor
Bagian ini untuk adaptor berbagai jenis kartu memori seperti MMC, SD Card, memory M2, miniSD, ProDuo Stick. Jadi adaptor ini dapat Anda gunakan untuk memasukkan memory card untuk transfer data, baik memory hape atau gadget lainnya.
3. Speaker
Bagian ini untuk keperluan Audio Anda. Speaker seadanya dengan suara yang cempreng seperti suara loudspeakernya handphone. Terdapat 2 buah speaker, di pojok kiri dan pojok kanan.
4.  Harddisk
Bagian ini adalah harddisk tempat Anda menyimpan data. Harddisk ini memiliki kapasitas 160 GB. Jenis harddisknya sama dengan harddisk pada laptop dan harddisk portable. Bagian ini dapat Anda upgrade dengan mengganti harddisk tersebut dengan ukuran yang lebih besar. Harddisk merek Seagate dengan putaran 5400rpm.
5. Baterai CMOS dan BIOS
Bagian ini adalah baterai CMOS dan dibawahnya adalah chipset BIOS. Fungsi baterai CMOS dan BIOS dapat Anda baca di blog ini.
6. Baterai Konektor
Bagian ini adalah konektor power untuk mendapatkan aliran listrik dari baterai. Tanpa baterai Anda masih bisa menggunakan adapator dari listrik secara langsung.
7. Integrated Memory Module
Bagian ini adalah module memory DDR2 yang terintegrasi didalam mainboard. Jadi memory sebesar 1 GB dengan jenis DDR2 PC 5300 sudah tertanam langsung pada mainboard, bukan berupa kepingan memory yang selama ini kita kenal.
8. Slot Memory
Bagian ini merupakan sebuah slot memory dan digunakan untuk menambahkan (upgrade) sebuah modul memory DDR2. Untuk netbook jenis ini besar memory maksimal yang dapat ditanamkan adalah 2 GB. Jadi Anda bisa mengupgrade dan menambahkan satu buah keping memory laptop (SODIMM) sebesar 1 GB, sehingga total menjadi 2GB.



9. Processor
Bagian ini adalah tempat bernaungnya processor Intel Atom. Ternyata processor Intel Atom ini tanpa tempat dudukan (slot processor), jadi processor langsung tertanam pada mainboard. Berbeda dengan laptop yang dulu saya bongkar, processor Intel Core Duo masih dapat dilepas karena memang ada dudukan processornya. Bagian yang berwarna perak dan menutupi processor adalah heatsink yang berfungsi untuk mendinginkan processor (bagian ini tidak bisa saya lepas karena sudah paten).
10 & 13. Chipset Intel GMA 945
Bagian ini adalah chipset mainboard intel GMA 945 Express Chipset. Otak dari mainboard yang mengendalikan semua kerja mainboard. Terdapat 2 buah chipset, Northbridge dan Southbridge. Keterangan ini untuk nomor 10 dan nomor 13.



11. Display & Power Connector
Bagian ini merupakan konektor untuk menghubungkan mainboard dan layar LCD netbook. Pada bagian ini juga terdapat konektor power adaptor.
12. Kipas Pendingin (FAN Cooling)
Bagian ini adalah kipas pendingin yang berfungsi untuk membuang panas di dalam netbook menuju keluar. Kipas pendingin ini letaknya bukan diatas processor, karena fungsinya hanya untuk membuang panas, dan pendingin processor hanya mengandalkan heatsink yang berwarna perak.
Itulah komponen-komponen yang ada di dalam sebuah netbook. Memang tidak seperti komponen-komponen yang ada pada desktop PC, ukurannya lebih kecil karena memang diperuntukan untuk keperluan mobile. Paling tidak, setelah Anda mengetahui komponen-komponen yang ada di dalam netbook atau notebook, Anda dapat memperbaiki notebook/netbook yang mengalami gangguan.
Sumber : http://ahidfachrudin.blogspot.com

0 komentar: