Kamis, 16 Februari 2012

The Dream Team Persija (2001-2011)

Dalam tulisan ini saya ingin melihat ke belakang perjalanan tim asal kota kelahiran saya, Persija Jakarta, dalam sepuluh tahun terakhir. Pada tahun 2001, Persija pernah memiliki The Dream Team yang sukses menggondol gelar Juara Liga Indonesia. Tapi, dalam perjalanannya, banyak pula para pemain bintang mampir di Jakarta. Siapa saja mereka? Berikut ini di antaranya:
1307674565182311504
Skuad Persija 2001
Kita mulai dari bawah mistar gawang, ada sosok Mbeng Jean Mambalou. Saat itu belum banyak klub yang menggunakan kiper asing, karena dianggap mengurangi kuota pemain impor yang biasanya lebih dibutuhkan di lini gedor. Tapi keputusan Persija merekrut Mbeng sangat tepat. Dia menjadi tembok di gawang tim asal ibukota ini.
Di depan kiper, lini pertahanan Persija dijamin kokoh lantaran ada Nuralim di sana. Si Jabrik, demikian julukannya, merupakan bek tangguh yang sangat disegani di masanya. Nuralim menjadi pemain bertahan pertama yang pernah terpilih menjadi pemain terbaik di Liga Indonesia, saat ia masih membela Bandung Raya.
Untuk barisan gelandang, sepanjang dekade 2000-2010 amat banyak pemain beken yang pernah mampir di Persija. Sejumlah nama langganan timnas juga pernah memperkuat Macan Kemayoran, sebut saja Imran Nahumaruri, Ali Sunan, Khair Rifo, hingga Ponaryo Astaman. Tapi ada satu pemain yang masih saya ingat betul meski tak begitu populer. Dia adalah Deddy Umarella, seorang petarung di lini tengah yang memiliki kemampuan seimbang dalam bertahan maupun menyerang.
Sementara itu, ada satu posisi di Persija yang hingga kini belum pernah ada pemain lain yang bisa mengisinya sebaik pemain ini. Siapa dia? Ya betul, Luciano Leandro. Pemain asal Brasil ini seolah memiliki daya magis saat memainkan peran sebagai playmaker . Seandainya Persija bisa menemukan suksesor Leandro saya yakin gelar juara akan mudah diraih.
Nah, yang paling sulit adalah menentukan siapa pemain depan paling top dalam satu dasawarsa ini. Sebagai tim elite, sudah barang tentu striker-striker top baik lokal maupun asing pernah mengenakan kostum Oranye. Anda pasti kenal betul dengan Widodo C. Putro, Kurniawan D.Y, Miro Baldo Bento, Rochy Putiray, Emmanuel De Porras, dan Bambang Pamungkas.
Untuk arsitek tim, kita bisa menyebut nama-nama ini sebagai sosok penting di tubuh Persija: Herry Kiswanto, Sopian Hadi, Ivan Kolev.
1307674122100514046
skuad Persija saat menjuarai Liga Indonesia 2001
1307674199189698601
Dream Team Persija Jakarta satu dekade (2001 - 2011)

0 komentar: